Laboratorium Kadastral dan Kebijakan Pertanahan merupakan laboratorium untuk penelitian dan aplikasi di bidang studi kadastral (kadaster) dan mempelajari kebijakan dalam pertanahan di Indonesia. Kadaster adalah sistem informasi pertanahan berbasis persil yang berisi informasi terkini tentang segala kepentingan yang terkait dengan tanah, seperti hak atas tanah, batasan-batasan dan tanggung-jawab yang harus dipenuhi dalam pemilikan dan pengelolaan tanah.

Umumnya kadaster meliputi deskripsi geometris bidang tanah atau persil yang dikaitkan dengan catatan lain mengenai kepentingan yang terkait dengan bidang tanah tersebut, kepemilikan atau kontrol terhadap kepentingan-kepentingan tersebut, selain itu sering pula berisi informasi mengenai nilai bidang tanah dan pengembangan yang telah dilakukan diatas bidang tanah tersebut. Catatan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan fiskal seperti penilaian bidang tanah dan perpajakan, kepentingan hukum seperti pencatatan akta jual beli, untuk mendukung pengelolaan lahan dan tata guna lahan seperti perencanaan dan tujuan administratif lainnya serta untuk mengarahkan pada pembangunan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan.

Laboratorium yang berada di Jurusan Teknik Geomatika ITS ini diharapkan dapat juga membantu program-program penilaian kebijakan pertanahan serta pengabdian kepada masyarakat diantaranya meliputi pelatihan-pelatihan dan pelaksanaan proyek yang bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta nasional, dengan asosiasi profesi dan juga masyarakat umum.